Main Article Content

Nurul Inayah
Ribut Suprapto

Abstract

Pemerintah daerah kabupaten Banyuwangi, yang telah mulai menggerakkan seluruh elemen masyarakat untuk peduli dengan sampah. Dinas kebersihan dan pertamanan (DKP) telah membentuk Bank sampah dengan menggerakkan Dasa Wisma (Dawis)yang ada di tiap-tiap kelurahan dan desa yang ada di kota Banyuwangi. Penanganan dan pengelolaan sampah yang benar sangat penting untuk dilakukan di Pondok Pesantren. Pondok Pesantren saat ini sudah seharusnya menjadi tempat untuk belajar tentang pengelolaan sampah yang benar, memulai membangun kesadaran akan penanganan dan pengelolaan sampah dengan membentuk bank sampah berbasis pesantren. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk: (1) Untuk mendeskripsikan proses kegiatan belajar mengajar yang ada di SMK Ibnu Sina yang berada di PP Ibnu Sina. (2) Untuk melihat Kepedulian siswa di SMK Ibnu Sina yang berada di PP Ibnu Sina tentang kebersihan lingkungan. (3) Memberikan pelatihan pengelolaan sampah, dan dilanjutkan membentuk bank sampah, diharapkan akan menciptakan lingkungan sehat dan bersih. Kegiatan sosialisasi telah dilaksanakan pada tanggal 23 Nopember 2016, dan Pelaksanaan Kegiatan Pelatihan pengelolaan sampah organik dan Pelatihan pengolahan sampah non organik, dilaksanakan pada tanggal 14 Desember 2016. Selanjutnya juga telah dibentuk kader untuk dapat melanjutkan perintisan pendirian bank sampah. Dan dikarenakan keterbatasan waktu dan dana maka untuk menindaklanjuti kegiatan pengabdian tersebut akan dilanjutkan oleh Bank Sampah Darussalam Blokagung Banyuwangi, di bawah pengawasan dan koordinasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi.


Keywords: Pendidikan inovatif, kreatifitas, bank sampah, Pesantren, pengelolaan sampah

References

Adhim, Mohammad Fauzi, 2006, Postitive Parenting: Cara-cara Islami Mengembangkan Karakter Positif pada Anak Anda, Bandung: Mizana.
Alex S, Sukses Mengolah Sampah Organik Menjadi Pupuk Organik, Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Bandura, 1977, Social Learning Theory, (Prentice Hall Inc., Englewood Cliffs, New Jersey).
Bimo, Walgito, 1999, Psikologi Sosial (Suatu Pengantar), Yogyakarta: Andi.
Damanhuri, Enri dan Padmi, Tri, Teknologi Pengelolaan Sampah, Bandung: Penerbit ITB.
Depdiknas, 2002. Pengembangan Pelaksanaan Broad-Based Education, High-Based Education, dan Life Skills di SMU. Jakarta: Depdiknas.
E. Colink, 1996, Istilah Lingkungan Untuk Manajemen
Gunarsa, Singgih D. dan Yulia Singgih D Gunarsa, 1991, Psikologi Praktis: Anak, Remaja dan Keluarga, (Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Hadi, Achmad Serudji, 2001, “Daur Ulang Barang Bekas sebagai Penopang Sumber Kehidupan”, Laporan Penelitian pada Universitas Indonesia Program Pascasarjana Bidang Ilmu Hukum, Jakarta.
Hambali, Andang dan Q-Anees, Bambang, 2008, Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an, Bandung: Simbiosa Pekatama Media.
Ilham, “Konsep dan Arah Pengembangan Siswa Pecinta Lingkungan Hidup”, dalam http://illangtanete84.blogspot.com/, diakses 24 Desember 2016.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online, versi 1.3
Karakteristik sampah plastik, diakses pada 02 Oktober 2014 pukul 21:42 WIB melalui http://jujubandung.wordpress.com.
Kesuma, Dharma dkk., 2011, Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya.
M. Djumarsjah, 2008, Filsafat Pendidikan, Malang: Bayumedia Publishing.
M. Idris dan Sujak, 2010, Kamus MIPA, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Misbahul Ulum, dkk, “Pengertian Sampah”, dalam suisyanto (ed), “Model-Model Kesejahteraan Sosial Islam”, (Yogyakarta: Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bekerjasama dengan IISEP-CIDA, 2007), cet. 1.
Neolaka, Amos, 2008, Kesadaran Lingkungan, Jakarta: Rineka Cipta.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga
Permadi, A. Guruh, 2011, Menyulap Sampah Jadi Rupiah, Surabaya: Mumtaz Media.
Purbasari, Nurul, 2014, Skripsi, Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kegiatan Daur Ulang Sampah Plastik (Studi Kasus Pada Komunitas Bank Sampah POKLILI Perumahan Griya Lembah Depok Kecamatan Sukmajaya Kota Depok)
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi ke-III.
S. Hadiwiyoto, 1983, Penanganan dan Pemanfaatan Sampah, Jakarta: Yayasan Idayu.
Samani, Muclas dan Hariyanto, 2001, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, (Bandung: Remaja Rosda Karya.
Santoso, Nurman, 1990, Pendidikan di Indonesia, (Dari Masa ke Masa), Jakarta: Haji Masagung.
Suar, Etrizal, 1996, “Pengaruh Sampah Plastik Terhadap Pengelolaan Lingkungan Hidup di DKI Jakarta”, Laporan Penelitian pada Universitas Indonesia Program Pascasarjana Bidang Ilmu Hukum, Jakarta.
Subekti, Sri, Pengelolaan Sampah Rumah Tangga 3R Berbasis Masyarakat Pendahuluan, Available at: http://www.scribd.com/doc/19229978/tulisan-bektihadini Diakses 27 Desember 2016.
Sumantri, Endang, 2003,Resum Perkuliahan Filsafat Nilai dan Moral, (Bandung: Pascasarjana UPI.
Sunarti, Euis, 2005, Menggali Kekuatan Cinta, Jakarta: Elex Media Komputindo.
Sustiyono, Aris dan Kurdiyono, Studi Tingkat Kesadaran Masyarakat Kota Yogyakarta Terhadap Kelestarian Lingkungan Hidup, http://www.jogjakarta.go.id/app/modules/ banner/images/1222102800.volume2.pdf. diakses tanggal 24 Desember 2016.
Sutidja, Trim, 2001,Daur Ulang Sampah, Bumi Aksara.
Tchobanoglous, 1993, Integrated Solid Waste Management. Mc. Grw Hill: Kogakusha.
Tim Dosen FIP-IKIP, 2003, Pengangtar Dasar-dasar Kependidikan, Surabaya: Usana Offset Printing.
Trim Sutidja, 2001, Daur Ulang Sampah, Bumi Aksara, cet-2.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistim Pendidikan Nasional (Sisdiknas), (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007)
Wajdi, M Barid Nizarudin. “HARMONISASI NILAI PENDIDIKAN ISLAM DENGAN KEARIFAN BUDAYA LOKAL.” Jurnal Studi Islam: Pancawahana 11, no. 1 (2016): 51–78.
Wajdi, Muh. Barid Nizarudin. “Nyadranan, Bentuk Akulturasi Islam Dengan Budaya Jawa (Fenomena Sosial Keagamaan Nyadranan Di Daerah Baron Kabupaten Nganjuk).” JURNAL LENTERA : Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi 3, no. 2 (October 13, 2017). Accessed October 21, 2017. http://www.ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/lentera/article/view/60.
Wibisono, Anatomi dan Profil Konglomerat Bisnis Indonesia.
Wintoko, Bambang, Panduan Praktis Mendirikan Bank Sampah, (Yogyakarta: Pustaka Baru Press) cet-1,
Zainal dan Sujak, 2011, Pancuan dan Aplikasi Pendidikan Karakter, Bandung: Yrama Widya.
Zubaedi, 2011, Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasi dalam Dunia Pendidikan, Jakarta: Kencana.
Zulkifli, Arif, 2014, Dasar-Dasar Ilmu Lingkungan, Jakarta: Salemba Teknika.
(http://smacepiring.wordpress.com/2008/02/19/pendekatan-dan-metode-pembelajaran/). Diakses pada tanggal 7 januari 2017.