Assistance in the Production of Healthy Drink Krokotea Halal and Thayyiban for SMEs in Panakukkang District, Makassar
Main Article Content
Krokot (Portulaca oleraceae) yang dikenal sebagai tanaman liar oleh masyarakat dapat dibuat menjadi minuman kekinian untuk memelihara KesehatanPurslane (Portulaca oleraceae). Rizqi dan tim membuktikan bahwa tanman ini memiliki efek antiobesitas, antirheumatoid artritis, antioksidan, dan imunomodulator. Di Kota makassar belum ada diversifikasi produk dari tanaman krokot menjadi teh. Hal ini dapat dijadikan sebagai peluang usaha khususnya UMKM yang bergerak dibidang jual beli minuman. Survey lapangan menemukan ada 2 UMKM yang menjual minuman herbal di Kecamatan Panakukkang. Namun yang masih beroperasi hingga saat ini hanya 1 UMKM. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dalam memproduksi minuman sehat berbahan dasar Krokot (Portulaca oleraceae) yang memiliki jaminan mutu halal pada UMKM “The Pure Coffee”. Metode yang digunakan pada program pendampingan ini adalah menggunakan service learning. Hasil pendampingan ini menunjukkan bahwa UMKM The Pure Coffee menjadi ikon penjual produk Krokotea pertama di Kecamatan Panakukkang. Adanya akun digital marketplace membuat perubahan dalam sistem penjualan. Adanya branding Halal menambah nilai jual produk UMKM
2. Andayani, D, Suprihartini, E, & Astuti, M., “Anti-Inflammatory Effects of Purslane (Portulaca oleracea L.) Ethanol Extract on Carrageenin Induced Rat Edema”, Journal of Pharmaceutical Science and Clinical Research, (2018),1:43-49.
3. Sultana A, & Rahman, K, ”Portulaca oleracea Linn: A Global Panacea With Ethnomedicinal And Pharmacological Potential, Review Article”, International Journal Of Pharmacy And Pharmaceutical Sciences,(2013), Vol 5.
4. Azizah RN, Son of B., Tobis R, “Hypolipidemic Activity of Purslane Herb (Portulaca oleracea L.) Ethanol Extract in Obese Rats with Triglyceride Parameters”. As-Syifaa.,(2018),10(01):66-73.
5. Santi.I., Azizah RN, Mu'ammar. “Determination of Minimum Dose of Purslane Herb (Portulaca oleracea L.) Ethanol Extract to Decrease Triglyceride Levels in Obese Rats”. As-Syifaa, (2018),10(02): 205-212.
6. Azizah.,RN, Asmaliani I.,Putra B.,Riskiwati., Antirheumatoid Arthritis Effect of Purslane Herb Extract (portulaca oleracea l.) to Rat (rattus norvegicus) Induced by Complete Freuds Adjuvant, (2019), 11(04):314- 319
7. Putra, B., Azizah, RN, Nopriyanti, EM,“Immunomodulatory Effects of Purslane Herb (Portulaca oleracea L.) Ethanol Extract on Male White Rats (Rattus norvegicus) with Delayed Type Hypersensitivity (DTH) Parameters”. Journal of Pharmacy Galenika :Galenika Journal of Pharmacy (e-Journal), (2020). 6(1), 20-25. doi:10.22487/j24428744.2020.v6.i1.14106
8. Azizah RN, Emelda A, Asmaliani I, Ahmad I, Fawwaz M. “Total Phenolic, Flavonoids, and Carotenoids Content and Anti-Obesity Activity of Purslane Herb (Portulaca oleracea L.) Ethanol Extract”. Pharmacogn J. (2022);14(1)
9. Lastri Wiyani, Rahmawati, Andi Aladin, Aminah, Mustafiah. “Antidiabetic effect of the virgin coconut oil and the virgin coconut oil emulsions. Systematic” Reviews in Pharmacy, (2020),11(12):973-976
10. Rahmawati, Lastri Wiyani, Andi Aladin, Bayu Putra, Muliani, “Antidiabetic effect of the virgin coconut oil and the virgin coconut oil emulsions”. Systematic Reviews in Pharmacy, (2020) ,11 (11), 243-246
11. Yuwana, SIP. “Coronanomics: UMKM Revitalization Strategy Using Digital Technology Amid the Covid-19 Pandemic”, Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review, (2020), 2(1), 47–59.
12. Farhan, A.. “Implementation of the Lppom Mui Halal Certification for Micro, Small and Medium Enterprises (UMKM) Products (Study of LPPOM MUI Bengkulu Province)”, Manhaj: Journal of Research and Community Service, (2018), Vo. 3 (1).
13. Santoso, P. “UMKM Must Change Their Perspective, New Normal is the Era of the New Paradigm”.(2020), Taken back from thoughtrakyat.com: https://www.minded-rakyat.com/ Ekonomi/pr-01395635/umkm-musti-ubah-cara-pandang- new-normal-is-era-paradigma-baru
14. Artaya, IP, & Purworusmiardi, T..”Marketplace Effectiveness in Increasing Concentration of Marketing and Product Sales for UMKM in East Java”. Journal of Economics and Business, Narotama University Surabaya,(2021), 1-10.
15. Rahmana, Arif., Fauzi, M., Sutoyo, AM, Assistance in Digital Marketing Strategy for Food Products in Running a Business in the New Normal Era in Bandung City, Scientific Journal of Community Service,(2021), Vol.4 No.1.Page 49-57