Pendampingan Guru Inklusi melalui Kegiatan Capacity Building sebagai Upaya Peningkatan Layanan Tumbuh Kembang Anak Berkebutuhan Khusus di Madrasah Ibtidaiyah Badrussalam Surabaya

Main Article Content

M. Amin
Ahmad Syafi’i
Ainna Amalia FN
Lely Ana Ferawati Ekaningsih
Keywords: Children with special needs, inclusive schools, Badrussalam





Children with special needs require individualized learning services based on the problems they have. Teachers are required to have sufficient capacity in providing services to children with special needs, the services given must be different from the children in general. Especially in designing learning, teachers should accommodate the needs of the team teaching. Madrasah Ibtidaiyah Badrussalam Surabaya is a relatively new pioneering school of inclusion, so the teacher needs to be strengthened with intensive mentoring capacity. As a result, the concept of curriculum integration, lesson plans integration, and the integration of three components of teachers, special assistance teacher, classroom teachers, and subject teachers, who have been assisting children with special needs students can establish more intensive communication and collaboration and mutually reinforcing between one and Others. Teachers provide constructive feedback on the best interests of providing the best service for the students of children with special needs. Each teacher has already felt that the students with the special needs are a shared responsibility, unable to grow only to classroom teachers or Children with special needs only.





Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Agustyawati dan Solicha. 2009. Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta.
Choiri, Abdul Salim dkk, 2009, Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Secara Inklusif. Surakarta: Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Delphie, Bandi. 2006. Pembelajaran Anak Tunagrahita; Suatu Pengantar dalam Pendidikan Inklusi, Bandung: PT. Refika Aditama.
George S. Morrison. 2009. Early Childhood Education Today. New Jersey: Pearson Education Inc.
Ife. 1995. Community development: creating community alternatives-vision, analysis and practice.
Khusna, Tolibi., Pendidikan Integratif dan Pendidikan Inklusif, SMP Al Madina UNSIQ Wonosobo, 14 April 2015, diakses 13 Oktober 2017. http://almadinasmp.blogspot.co.id/2015/04/pendidikan-integratif-dan-pendidikan.html
Lindgren, Henry Clay. 1967. Educational Psychology in the Classroom, Tokyo: Charles E. Tuttle Company, cet. ke-III.
Marthan, Lay Kekeh. 2007. Manajemen Pendidikan Inklusif. Jakarta: DIRJEN DIKTI.
Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif, Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa. 2007. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
Peraturan Walikota Surabaya Nomor 47 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan di Kota Surabaya.
Permendiknas No. 70 tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif.
Reid, Gavin. 2005. Dyslexia and Inclusion; Classroom Approaches for Assesment, Teaching and Learning. London: David Fulton Publisher.
Smith, J. David. 2006. Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. Bandung: Penerbit Nuansa.
Suharso, Darto. 2006. Cerebal Palsy, diagnosis dan tatalaksana. Surabaya. Kelompok studi neuro-
developmental bagian ilmu kesehatan UNAIR.
Suparno, “Pendidikan Inklusi Untuk Anak Usia Dini” Jurnal Pendidikan Khusus Volume 7 Nomor 2 (Nopember 2010), diakses 13 Oktober 2017. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk/article/viewFile/775/602
Surat Edaran Dirjen Dikdasmen No.6718/C/I/89 tanggal 15 Juli 1989 tentang perluasan kesempatan belajar bagi anak berkelainan di sekolah umum.
Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI Nomor: 3211 Tahun 2016 tentang penetapan 22 madrasah inklusif.
Surat Keputusan Direktur Pendidikan Dasar No.0267/C2/U/1994 tanggal 30 Maret 1994 tentang penyelenggaraan pendidikan terpadu yang diberlakukan bagi beberapa jenis kecacatan akan tetapi memiliki kemampuan intelegensi normal atau di atas rata-rata.
Surat Keputusan Mendikbud No.002/U/1986 tanggal 4 Januari 1986 tentang program pendidikan terpadu bagi anak cacat.
Surat Keputusan Mendikbud No.0491/U/1992 tentang pendidikan bagi anak berkelainan yang diselenggarakan bersama-sama dengan anak normal di jalur pendidikan sekolah.
Tarmansyah. 2007. Inklusi Pendidikan Untuk Semua. Jakarta: Depdiknas.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
UNESCO, 1998. Learning: The Treasure Within. Report to UNESCO of the International Commission on Education for The Twenty first Century, Perancis: Paris.
UNESCO. 1994. The Salamanca Statement and Framework for Action on Special Needs Education. Geneva.
M. Amin, Ahmad Syafi’i, Ainna Amalia FN, & Lely Ana Ferawati Ekaningsih. (2018). Pendampingan Guru Inklusi melalui Kegiatan Capacity Building sebagai Upaya Peningkatan Layanan Tumbuh Kembang Anak Berkebutuhan Khusus di Madrasah Ibtidaiyah Badrussalam Surabaya. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 80-98. https://doi.org/10.52166/engagement.v2i1.26