Transforming Mebeler MSME Marketing in Ngempit Village Kraton Pasuruan through Digital Marketing Strategies

Main Article Content

Mochamad Mas’ud
Siti Khoiriyah
Muhammad Sofiyulloh
Siti Ayundatus Solikha
Keywords: Economy, Digital Marketing, MSMEs

The Covid-19 pandemic that occurred in Indonesia caused many problems, one of which was in the economic sector. Part of the economic sector that also feels the impact is the Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) sector. Ngempit Village, Kraton District, Pasuruan Regency is one of the villages with residents whose community economic activities are partly as MSME actors. The COVID-19 pandemic has caused demand and income to decrease. This mentoring uses a service-learning approach with three main stages, namely preparation, service and evaluation. The results of the assistance through digital marketing literacy for UMKM Mebel with a service-learning approach have proven to be effective in increasing income, demand, and expanding the business reach of UMKM Mebel, thus making a positive contribution to the local economy. This mentoring initiative has also been successful in unraveling the challenges faced by UMKM Mebel entrepreneurs who struggle in finding customers.

Annisa Aprilia Husnul Khotimah, Danurwenda Permana Erlushandy, & Virginia Mandasar. “Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Sarana Pemasaran UMKM Taso Ndeso Di Kelurahan Sukorejo Kota Blitar” 2, no. 3 (2023): 122–129.

Evasari, Aprilia Dian, Yudo Bismo Utomo, and Diana Ambarwati. “Pelatihan Dan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM Di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri.” Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (2019): 75.

Febriyantoro, Mohamad Trio, and Debby Arisandi. “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean.” JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara 1, no. 2 (2018): 61–76.

Firdaus, Mohammad I, Putri N Azizah, and Rohmatu Sa’adah. “Pentingnya Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm Di Era 4.0.” Jurnal Graha Pengabdian (2022).

Firman Mansir, Halim Purnomo. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing Dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid -19 Di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul.” Abdimas Singkeru 1, no. 1 (2021): 39-50.

Hardilawati, Wan L. “Strategi Bertahan UMKM Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika (2020).

Harianto, Raden A, and Pratiwi N Sari. “Strategic Digitalization of UMKM Business as an Alternative to Survive the COVID-19 Pandemic.” Linguistics and Culture Review (2021).

Haryadi, Rofiq Noorman, Anda Rojali, Khumidin, and M. Fauzan. “Sosialisasi Penggunaan Online Shop Berbasis Website Di UMKM Cimanggis.” Jurnal Pengabdian Bina Mandiri 1, no. 1 (2021): 10–16.

Hasan, Hasnawiya, Haliah Haliah, and Muhammad A Fahdal. “Pemberdayaan Masyarakat UMKM Sulawesi Dalam Implementasi Digitalisasi UMKM.” Yumary Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (2022).

Hendriadi, Ade Andri, Betha nurina Sari, and Tesa Nur Padilah. “Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kabupaten Karawang.” J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat 4, no. 2 (2019): 120–125.

Indana, Luthfi, Rahmatina Hidayati, and Haris Satriyawan. “Pembuatan Profil Usaha Dan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Media Digital Untuk Meningkatkan Produktivitas Masyarakat Di Era Pandemi.” Jast Jurnal Aplikasi Sains Dan Teknologi (2022).

Marisa, Fitri, Silviana Silviana, Muhammad A Sahbana, and Faqih Rofii. “Peningkatan Strategi Pemasaran Melalui Workshop Digital Marketing Dan Kolaborasi Pada Asosiasi UMKM ‘Akukarlos’ Kabupaten Malang.” Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks Soliditas (J-Solid) (2022).

Melati, Inaya S, Margunani Margunani, Saringatun Mudrikah, and Lola K Pitaloka. “Upaya Optimalisasi Praktik Digital Marketing Untuk Meningkatkan Hasil Penjualan Produk Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan.” Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat (2020).

Mukhlison, None H B Santoso, Anisa S Astikawati, Intan P Sari, and Ina V Wulandari. “Pemanfaatan Digital Marketing Pada Umkm Lokal Untuk Pemulihan Ekonomi Di Kelurahan Kauman Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar.” Kreatif Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara (2022).

Nur Ahmas, Ahmad Almaududi, Tris Sutrisno, and Ina Ratnasari. “Upaya Peningkatan Strategi Bersaing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Melalui Inovasi Desain Kemasan Dan Pemasaran Produk Di Kabupaten Karawang.” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 6, no. 1 (2022): 124.

Nusanti, Irene. “"Strategi Service Learning Sebuah Kajian Untuk Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 20, no. 2 (2014): 251–260. http://up.openjournaltheme.com/jurnaldikbud/ojs-3.1.2-4/index.php/jpnk/article/view/142.

Persada, Andhika G, and Siti Achiria. “Pemberdayaan UKM Jamaah Masjid Berbasis Digital Marketing Di Desa Tlogoadi Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman.” Yumary Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (2022).

Prayogi, Arditya, and M.Ikhwanul Kirom. “Pendampingan Pengembangan Digitalisasi Umkm Masyarakat Desa Wonoyoso Pekalongan Menghadapi Era New Normal.” Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM) 3, no. 1 (2022): 14–24.

Rahmat, Beni, Donard Games, and Dessy K Sari. “Pengaruh Penerapan Digital Marketing, Customer Relationship Marketing, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Volume Penjualan UMKM Rendang Di Sumatera Barat.” Sang Pencerah Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton (2022).

Ramadhan, Mochammad Raihanditya, Cantika Eva Dialoka, and Reiga Ritomiea Ariescy. “Implementasi Digital Marketing Sebagai Sarana Pemasaran Umkm Di Kelurahan Wonorejo Kecamatan Tegalsari Kota Surabaya” 2, no. 1 (2022): 127–132.

Rosita, Rahmi. “Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia.” Jurnal Lentera Bisnis (2020).

Safitri, Laras S, Wiwik Rahayu, Rita Purwasih, Enceng Sobari, and Irna D Destiana. “Pengenalan Digital Marketing Dan M-Commerce Pada Pelaku UMKM Keripik Singkong Di Kabupaten Subang.” JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat) (2022).

Trulline, Putri. “Pemasaran Produk UMKM Melalui Media Sosial Dan E-Commerce.” Jurnal Manajemen Komunikasi (2021).

Wajdi, Muh Barid Nizarudin, Burhanuddin Ubaidillah, Sri Mulyani, Khoirul Anwar, Lailatul Istiqomah, Fauziyah Rahmawati, Sholihatul Atik Hikmawati, Diah Retno Ningsih, and Hasan Syaiful Rizal. “Pendampingan Redesign Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Bagi Tenaga Pendidik Di Lembaga Pendidikan Berbasis Pesantren Di Jawa Timur.” Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 1 (2020): 266–277.

Waldner, Leora S, Murray C Widener, and Sue Y McGorry. “E-Service Learning: The Evolution of Service-Learning to Engage a Growing Online Student Population.” Journal of Higher Education Outreach and Engagement (2012): 123–150.

Widiawati, Kadek, Kadek Devi, Kalfika Anggria, A A Ngr Eddy, and Supriyadinatafile:///D:/KKN/jurnal/jurnal pengabdian/BAB_I.pdf Gorda. “Cara Memasarkan Produk UMKM Pada Masa COVID-19 Melalui Media Sosial Info Artikel Abstrak Indonesia , Tetapi Juga Pada Bidang Yang Lainnya Seperti Dibidang Pendidikan , Sosial Dan Perekonomian Masyarakat Indonesia . Seperti Yang Diketahui , Saat COVID-19 .” 5, no. 36 (2022): 474–485.

Yuniarti, Trisna, Firdhani Faujiyah, Muhammad A Rizal, and Fajar C D Bani. “Digitalisasi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Wilayah Jakarta Selatan.” Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat) (2022).

“Jab, Jab, Jab, Right Hook: How to Tell Your Story in a Noisy Social World.” Journal of Consumer Marketing (2014).

Mas’ud, M., Khoiriyah, S., Sofiyulloh, M., & Ayundatus Solikha, S. (2023). Transforming Mebeler MSME Marketing in Ngempit Village Kraton Pasuruan through Digital Marketing Strategies. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 523-533. https://doi.org/10.29062/engagement.v7i2.1574